Kamis, 16 Mei 2013

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia


Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.
Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif). Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia selalu mengadaptasi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana pengunaan internet mulai menjadi ”makanan” sehari-hari yang dikenal dengan teknologi berbasis internet (internet based technology).
Pada zaman dahulu sebelum berkembangnya teknologi di Indonesia, kita harus bersusah payah untuk mengirim surat dan menunggu lama untuk mendapatkan balasannya. Namun sejak Indonesia memiliki Satelit Palapa (9Juli 1976) semua arus komunikasi dan teknologi menjadi mudah, seperti telepon, fax, dan internet. Bahkan sekarang pun tak perlu repot untuk terkoneksi dengan internet, mengirim pesan, maupun menelpon dengan adanya telepon selular yang canggih atau disebut smartphone.
Sangat terlihatkan perkembangan teknologi di Indonesia? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar