Minggu, 19 Mei 2013

Penggunaan Internet di Indonesia

         Jika anda coba mendari grafik mungkin anda akan menemukan Indonesia berada pada peringkat pertama penggunaan Internet. Sejak meluncurnya media sosial Facebook pada dunia maya, penggunaan internet di seluruh dunia meningkat. Ini dikarenakan internet kini tidak hanya digunakan untuk mengirim data atau mencari artikel, namun untuk mencari teman.

        Dua belas tahun lalu, pengguna Internet di Indonesia hanya 2 juta orang. Sekarang, setidaknya sampai akhir Desember 2012, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat pengguna internet di negeri ini telah mencapai 63 juta orang. Rata-rata pengguna Internet di Indonesia “membelanjakan waktunya” untuk mengakses Internet sekitar 35 jam per minggu atau lima jam per hari.  Selama lima jam, menurut dia, pengakses Internet menjelajahi berbagai situs berita, sosial media, blog, video, dan berbagai informasi di dunia maya. 



       Pada tahun 2010 lalu rata-rata penetrasi penggunaan Internet di kota urban Indonesia masih 30-35 persen, di tahun 2011 ini ditemukan oleh MarkPlus Insight bahwa angkanya sudah di kisaran 40-45 persen. Kategori-kategori utama untuk penggunaan Internet di Indonesia pada tahun 2010 adalah sebagai berikut:




Sedangkan pada Tahun 2013 ini diperkirakan penggunaan internet akan naik sekitar 30%. Bisa dibayangkan , masih ada 79,9% penduduk atau 112 juta penduduk yang belum menggunakan internet. Walaupun begitu, Indonesia menempati urutan ke-4 di Asia, dan urutan pertama di Asia Tenggara sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar