Minggu, 19 Mei 2013

Manfaat TIK Dalam Berbagai Bidang

Seiring perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, kebutuhan TIK sangat berperan sehingga TIK memiliki peranannya dalam segala bidang, sebagai berikut:

1. TIK dalam Dunia Pendidikan
    Internet sudah lama dimanfaatkan dalam dunia pendidikan untuk pembelajaran. Karena di Internet kita dapat mengakses banyak sekali materi pembelajaran. Dan dengan begini siswa-siswi atau mahasiswa dapat belajar dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. 

2. TIK Dalam Dunia Perkantoran
    Komputer banyak digunakan untuk membantu pekerjaan administrasi di kantor-kantor. Pembuatan surat-surat dapat terbantu dan menghemat waktu dengan adanya komputer. Di samping  hasilnya lebih rapi dan dapat dikoreksi sebelum dicetak, surat juga dapat disimpan dalam bentuk dokumen elektronik. Apabila suatu saat diperlukan kembali maka dokumen/file tersebut dapat digunakan kembali atau diubah sesuai keperluan. 


   Selain pekerjaan dapat membantu menghemat waktu dalam membuat surat-surat, dengan program yang disebut  earchieves dapat menyimpan dokumen-dokumen penting atau arsip kantor.
   Semua catatan tentang arsip maupun salinan dokumen dapat disimpan pada harddisk, disket, atau pun CD dalam bentuk data elektronik. 
Keuntungan-keuntungan menggunakan  e-archieves di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Tidak memakan banyak tempat.
  2. Mempermudah dalam pencarian arsip.
  3. Dapat dengan mudah diakses melalui internet.
  4. Cukup aman/ relatif aman terhadap kerusakan fisik.
  5. Dokumen dapan disalin setiap saat.
3. TIK dalam Dunia Industri dan Manufaktur
    Dalam bidang industri,  komputer juga digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat,  mudah, dan memiliki ketepatan tinggi.  Contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil atau motor dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).

    Pada tahap produksi, menggunakan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan program Computer Numberical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputer.

   Dengan begini dapat kita simpulkan bahwa TIK memiliki peran sangat penting dalam membantu perancangan produk baru tidak hanya cepat dan mudah namun juga akurat. Selain itu dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja yang dapat dialami manusia

4. TIK dalam Bidang Bisnis dan Perbankan
    Peranan TIK  dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah  untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi,  baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan keharusan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis dan perbankan.

   Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting atau keuangan. Sudah banyak pula bisnis yang mulai menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan.

   Karena kecepatan dan ketepatan menggunakan komputer dapat menambahkan kualitas layanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti swalayan, supermarket atau mini market dan departemen store membutuhkan barcode reader untuk membaca kode barang yang langsung mencatat transaksi pada komputer.

    Dalam dunia perbankan, selain untuk digunakan dalam kegiatan rutin kantor dan pelayanan terhadap nasabah, juga digunakan untuk dapat melakukan transaksi, menabung, mengambil uang, ataupun transfer secara on-line antar satu cabang bank dengan cabang yang lain meskipun dalam jarak yang sangat jauh.

5. TIK dalam Bidang Kedokteran
    Dalam bidang kedokteran ini TIK memiliki peranan disetiap kegiatan kedokteran. Seperti memeriksa, mendiagnosa penyakit pasien, melakukan uji laboratorium, melakukan ronsen tubuh, tes DNA maupun pemantauan kondisi pasien menggunakan  monitor. TIK dalam kedokteran juga berguna untuk mendata pasien yang masuk dan keluar Rumah Sakit.

6. TIK dalam Bidang Pertanian 
    Di Indonesia, peranan TIK dalam bidang pertanian masih belum memiliki peranan. Mengingat masih banyak orang Indonesia yang melakukan kegiatan pertanian dengan cara tradisional namun dalam perkebunan besar, sudah banyak yang menggunakan pesawat untuk menyebarkan pupuk. Karena akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk memupuk setiap tanaman di lahan yang sangat luas. Ada juga alat yang digunakan untuk mengetahui kadar garam dan mineral pada tanah jadi dapat menanam tanaman dengan lahan yang tepat.
    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar