Minggu, 02 September 2012

Makanan Khas Jawa Tengah


Lumpia Semarang

 adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang.
Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesiadan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahanPresiden Soekarno.






Tahu Gimbal


Makanan khas Kota Semarang yang terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Beda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental. Saus untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Adapun yang khas dari tahu gimbal adalah gimbal itu sendiri. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang. Gimbal digoreng garing dengan perpaduan rasa yang pas antara gurih, manis, dan pedas. Sama seperti tahu atau lontong, gimbal dipotong-potong kecil-kecil dengan gunting khusus. Di kota Semarang banyak sekali penjual tahu gimbal kalau malam di sepanjang Jl. Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman. 


      

Tahu Pong

Tahu Pong adalah makanan khas kota Semarang yang berupa tahu dengan bentuk yang berbeda. Tahu khas semarang ini memiliki rongga di dalam tahu tersebut. Dan cara makannya hanya di goring kering dengan cocolan, sambal kecap manis.
      
















Enting - Enting Gepuk

 merupakan salah satu makanan khas Salatiga yang terbuat dari kacang tanah,gula, dan essence yang cara pembuatannya digepuk sampe kacangnya benar - benar halus dan semua bahan - bahannya menyatu menjadi satu,biasanya dibungkus seperti prisma segitiga sama kaki dengan kertas.

Disini di hadirkan beberapa produsen - produsen enting - enting gepuk yang ada dikota Salatiga yang dapat menjadi referensi untuk kita - kita yang mau memesan langsung dari para produsen..
Sebenarnya enting - enting gepuk sudah tersebar luas di kota Salatiga, hampir di setiap toko makanan yang ada di kota Salatiga menghadirkan berbagai macam dan merk enting - enting gepuk.


 


       
Getuk

Getuk (Jawa: gethuk) adalah makanan ringan (kudapan) yang dibuat dengan bahan utama Singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemui di Jawa Tengah yang terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk secara terpisah hingga halus. Tumbukan halus singkong rebus itu lalu dibentuk menjadi bola besar dan diisikan pada cetakan kotak. Sedikit demi sedikit adonan halus singkong rebus ini memenuhi kotak cetakan. Ada bermacam jenis gethuk diantaranya gethuk lindri,gethuk trio,gethuk goreng dll.


Gethuk Lindri 


Gethuk Lapis Singkong

 

Gethuk Goreng


      

                            

Teh Poci yaitu teh diseduh dalam poci (cerek kecil) dari tanah liat dan ditambah dengan gula batu dan diminum panas-panas, minuman ini sangat disukai oleh masyarakat Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes dan sekitarnya.
Ada istilah teh poci "WASGITEL" singkatan dari wangi, panas, sepet, legi, lan (dan)kentel (kental), yang artinya teh panas, manis, wangi beraroma bunga melati dan berwarna hitam pekat/kental.
Teh Poci biasanya menggunakan teh (hijau) melati yang mengeluarkan aroma yang khas, dan biasa disajikan dipagi atau sore / malam hari dengan ditemani makanan kecil. Poci yang digunakan untuk menyeduh teh poci biasanya bagian dalam pocinya tidak pernah dicuci tetapi cukup dibuang sisa tehnya saja. Hal ini dipercaya masyarakat Tegal kerak sisa teh tadi akan menambah cita rasa dan aroma teh poci menjadi semakin enak.
Di luar daerah Tegal teh poci dapat dijumpai di warteg (Warung Tegal). Perangkat minum teh poci yang asli adalah poci (cerek kecil) dan cangkir dari tanah liat.

 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar