Selasa, 04 September 2012

Batik Jawa tengah


Batik Jawa Tengah
Batik merupakan warisan nenek moyang yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam sejarahnya, batik digunakan di dalam Kerajaan lingkungan, terutama raja dan keluarganya, misalnya, di Solo dan Yogyakarta. Perlahan-lahan, batik yang akan tidak hanya terbatas pada kerajaan keluarga, tapi pada mencapai publik.
Seni batik Jawa adalah warisan budaya Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa selama beberapa generasi. batik Jawa motif telah berbeda. Motif ini adalah perbedaan umum dikarnakan motif yang memiliki arti, tujuannya adalah tidak hanya gambar tetapi menyiratkan bahwa mereka dapat dari nenek moyang mereka, animisme agama, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Jawa batik berkembang di banyak daerah Solo atau yang biasa dikenal dengan batik Solo
Batik Solo



Batik-Tulis Pekalongan 



Pakaian adat Jawa Tengah adalah Batik. Solo dan Pekalongan adalah daerah penghasil batik yang telah memberikan kontribusi positif untuk melestarikan budaya bangsa.
Batik adalah suatu hasil karya yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Di berbagai wilayah Indonesia banyak ditemui daerah-daerah perajin batik. Setiap daerah pembatikan mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri, baik dalam ragam hias maupun tata warnanya oleh karena itu kita harus menjaga kelestarianya. Dan salah satu daerah itu adalah Kabupaten Pekalongan. Batik di Pekalongan dapat dikategorikan sebagai batik pesisir yang mempunyai ciri khas pada motif kain hiasnya yang bersifat naturalis dan kaya warna. Ciri khas inilah yang memberikan identitas tersendiri bagi batik-tulis Pekalongan yang berbeda dengan batik lainnya, seperti batik-tulis Yogya atau Solo.
Batik Kediri

Batik Jepara


Batik Banyumas






Tidak ada komentar:

Posting Komentar